Rabu, 10 Oktober 2018

pengabdian masyarakat PLTS 2018



Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya listrik, seluruh aktivitas manusia sangatlah akan terbantu. Contoh sederhana dalam penggunaan listrik sendiri ialah pada perabotan rumah tangga, industri, dan pada fasilitas umum seperti papan penunjuk arah sudah menggunakan LED dimana penggunaan papan penunjuk arah tersebut membutuhkan listrik.
 Listrik sendiri sudah menjadi komoditas utama untuk masyarakat Indonesia. Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum dapat merasakan nyamannya pemanfaatan dari listrik sendiri. Seperti pada Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi masih terdapat jalan-jalan yang belum memiliki penerangan jalan umum  dikarenakan lokasi tempat merupakan ujung timur pulau Jawa sehingga jika ditambahkan beban lampu, maka akan terjadi drop tegangan yang sangat drastis. Oleh karena itu dibutuhkan suatu inovasi untuk masalah tersebut. Dengan memanfaatkan energi surya, dimana Indonesia sendiri memiliki potensi sumber energi terbarukan dalam jumlah banyak.
Indonesia merupakan Negara yang memiliki potensi sumber energi terbarukan dalam jumlah yang sangat banyak. Berada pada garis khatulistiwa membuat Indonesia menjadi Negara yang memiliki sumber energi surya yang melimpah yang dapat dimanfaatkan secara optimal dengan teknologi yang sudah ada.
Berdasarkan data penyinaran matahari yang dihimpun dari 18 lokasi di Indonesia menunjukan bahwa radiasi surya di Inonedia dapat di klasifikasikan berturut-turut untuk kawasan barat dan timur Indonesia dengan distribusi penyinaran Kawasan Barat Indonesia (KBI) =4.5kWh/m2 hari, variasi bulanan sekitar 10% lalu Kawasan Timur Indonesia (KTI) = 5.1 kWh/m2. Hari, variasi bulanan sekitar 9% dan Rata-Rata Indonesia =4.8kWh/m2 hari, variasi bulanan sekitar 9% yang mengisyaratkan bahwa radiasi surya tersedia hampir merata sepanjang tahun dan kawasan timur Indonesia memiliki penyinaran yang lebih baik.
Di pulau Jawa sendiri, masih terdapat kawasan yang belum terjamah oleh listrik. Hal ini dikarenakan oleh banyak faktor dimana salah satunya ialah medan yang harus dilalui untuk mencapai lokasi sangatlah berat dan juga penduduk yang hidup di daerah yang  jauh dari pemukiman yang menyebabkan sulit untuk mendapatkan listrik

Pada proses menyalanya Penerangan Jalan Umum yang biasanya dengan menggunakan sumber listrik dari PLN, sehingga dibutuhkan inovasi terbaru yang memanfaatkan energi terbarukan yaitu energi surya fotovoltaik sebagai sumber baru untuk menyalakan lampu yang tentunya memiliki banyak keunggulan ditambahkan pula bantuan penggunaan DC-DC Converter dengan jenis boost converter yang bertujuan untuk mendapatkan tegangan yang lebih besar dari tegangan keluar solar cell dan juga terdapat penggunaan sensor LDR sebagai switching dari penerangan jalan umum tersebut.
Tabel 1. Spesifikasi Solar Cell
Cell Type:
Polycrystalline Silicone Solar Cell
Maximum Power (Pmax)
20W
Voltage at Pmax (Vmp)
18.5V
Current at Pmax (Imp)
1.08 A
Open Circuit Voltage (Voc)
22.14V
Short circuit current (Isc)
1.16A
Max System voltage
700V
Temperature Range
-45oC~+80oC



















Tim pengambdian masyarakat desa wonorejo kecamatan kalibaru wetan :

  1. Sumarji, ST.,MT
  2. Ir. Widyono Hadi, MT
  3. Sugianto A.md

11 komentar:

  1. semoga bermanfaat buat desa tersebut

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Semoga pemanfaatan energi terbarukan untuk penerangan jalan umum dapat memudahkan aktivitas masyarakat sekitar saat malam hari

    BalasHapus
  4. Semoga bisa di kembangkan lagi agar bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan

    BalasHapus
  5. semoga tetap bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan dapat digunakan sebaik mungkin sebagaimana mestinya

    BalasHapus
  6. Mantap,semoga bisa berkembang lebih besar lagi / buat PLTS diseluruh indonesia

    BalasHapus
  7. Mantap, semoga bermanfaat bagi masyarakat

    BalasHapus
  8. bisa menjadi terobosan untuk daerah lain yang belum terjangkau listrik, mantap

    BalasHapus
  9. Mantab, semoga bermanfaat dan barokah

    BalasHapus
  10. Bahagia itu sederhana, selagi bisa berbagi listrik dan melihat senyum di raut wajah mereka itu sudah cukup menenangkan...

    BalasHapus
  11. Semoga bermanfaat dan barokah

    BalasHapus